Ransomware Serang Situs WCC

Jakarta, TriCitra Media – Situs milik World Council atau WCC yang beralamat di www.oikoumene.org mendapat serangan ransomeware. Kabar adanya serangan itu dikirim oleh Sekretaris Jenderal WCC, Pendeta Professor Doktor Jerry Pillay.

Pesan yang beredar di beberapa grup WA yang berafiliasi dengan WCC itu bahwa Tim IT WCC sudah mendapat kontak dengan kelompok pelaku. Kontak pertama itu terjadi pada tanggal 26 Desember 2023, dan kelompok peretas itu bukan hanya meretas sistem WCC, tapi juga meminta uang.

Kelompok peretas ini, masih menurut sebaran teks dari Sekjen WCC, mengancam akan menyebarkan materi yang disimpan di dalam sistem, ke seluruh dunia. Hal ini berarti juga menjadi ancaman bagi semua situs-situs yang berafiliasi dengan situs milik WCC. Dan itu berarti juga mengancam sistem komunikasi jejaring WCC di dunia maya.

Sampai berita ini diturunkan, bahwa Tim IT WCC masih terus bekerja keras untuk memulihkan semua sistem yang diretas, sambil mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi keamanan sistem, termasuk juga melaporkan pada pihak kepolisian serta berbagai lembaga otoritas di, Swiss yang terkait dengan peretasan tersebut.

Hal yang perlu dicatat dari sebaran teks tersebut adalah peretasan terhadap sistem WCC sangat serius, dan Pillay meminta untuk sementara tidak mengakses server dan data WCC di mana pun, termasuk juga berbagai pusat kerja Oikumene di mana pun, termasuk di Indonesia, sampai ada pemberitahuan perkembangan lebih lanjut.

Pillay akhirnya menyerukan kepada seluruh staf, gereja-gereja anggota dan mitra WCC untuk tetap waspada, dalam menjaga sistem dan materi yang ada di jejaring internet, dan juga waspada terhadap segala hoax yang mungkin disebarkan atas nama WCC oleh para peretas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *