Pendeta Ade Manuhutu Meninggal Dunia

Pendeta Ade Manuhutu telah mengakhiri pertandingan yang baik, dan Pendeta Gereja Bethel Indonesia Mandala Utara itu telah mencapai garis akhir dengan tetap memelihara iman. Itulah kalimat yang pantas menyanding almarhum Pendeta Ade Manuhutu yang juga penyanyi dan sekaligus aktor nasional ini. Pendeta Ade Manuhutu meninggal dunia pada usia 75 tahun pada hari minggu tanggal 14 Januari 2024.

Saat berita ini ditulis, tidak ada informasi penyebat kematian Pendeta Ade Manuhut yang disemayamkan di Rumah Duka Sentosa, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Tokoh nasional yang kemudian lebih memilih menjadi pemuka agama Kristen ini lahir pada tanggal 10 Juli tahun 1948, dengan nama lengkap Adrian Stefanus Louis Manuhutu.

Almarhum dikenal melalui lantunan lagu Nona Anna pada tahun 1970an. Karyanya bagi dunia hiburan di Indonesia, selali lantunan suara indahnya, juga melalui peran-peran pada beberapa film. Nama Ade Manuhutu selalu disejajarkan dengan para penyanyi legendaris besar pada masanya, seperti Bob Tutupoly, Eddy Silitonga, dan Broery Marantika.

Selain lagu Nona Anna, ada juga lagu berjudul Virgo yang masuk dalam belantika musik nasional. Lalu lagu Balada Cendrawasih ciptaan Dharma Oratmangun yang dinyanyikannay bersama Diana Nasution pada awal tahun 1980an menjadi Sukses Song of Kalpataru di Festival Lagu ASEAN. Kemudian lagu ini sering disiarkan satu-satunya televisi di Indonesia saat itu, Televisi Republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *