MPK Canangkan HSKI

Jakarta, TriCitra Media – Tahun 2024 ini, menjadi hari bersejarah bagi dunia pendidikan Kristen di Indonesia. Karena tahun ini, Majelis Pendidikan Kristen menggelar acara pencanagan HSKI yaitu Hari Sekolah Kristen Indonesia pada tanggal 17 Januari 2024, di Taman Haji Benjamin Sueb, Jatinegara, Jakarta Timur. Tidak hanya itu saja, pencanangan itu juga diikuti di seluruh Indonesia.

Bila di Jakarta dilakukan langsung di Taman Benjamin Sueb, di wilayah lainnya disaksikan secara online. Melalui penyelenggaraan pencanangan itu, Ketua MPK, Handi Irawan menyatakan bahwa MPK ingin kembali menghidupi sejarah adanya pendidikan Kristen di Indonesia, berdasarkan penyelenggaraan pendidikan Kristen yang dilakukan oleh Cornelis Senen.

MPH PGI melalui pdt. Karyanto Gunawan mengingatkan bahwa sekolah Kristen memiliki perbedaan, yaitu dengan memperhatikan kwalitas akademis yang lebih baik, dengan karakter kristen. Direktur pendidikan sudirman simanihuruk Bimas Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia mengakui bahwa dari sejarah perjalanan pendidikan di Nusantara, gereja lebih dulu membangun sekolah dibanding pemerintah.

Sebab itu Sudirman sangat berharap HSKI bukan hanya dirayakan pada hari pencanangan ini, tapi juga di tahun depan, bahkan pada tahun-tahun mendatang selanjutnya. Pencanangan Hari Sekolah Kristen Indonesia itu ditandai dengan penekanan tombol bersama, dalam hitungan mundur. Lalu pada akhir acara itu, panitia memberian hadiah bagi peserta Lomba Kreasi Konten Sosial Media HSKI yang diikuti murid-murid dan guru-guru sekolah Kristen se-Indonesia.

Lomba itu diselenggaran sebelumbya, dengan kategori SD, SMP, SMA, dan para guru. Dan mereka yang menjadi juara satu di masing-masing kategori pada lomba tersebut adalah : Ester Felova Wiguno SD Bethany Salatiga, Felecia Sabrina Rustan SMP BPK Penabur Bogor, Davin Christopher Emanuel Liano SMA Kristen Widya Wacana Surakarta, dan Audia Sara Dhaniar Elyon Christian School Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *