Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan

Jakarta, TriCitra Media – Tidur siang mungkin kita pandang seperti aktivitas istirahat yang sederhana. Namun sesungguhnya kegiatan yang terlihat simpel itu menyimpan manfaat yang banyak. Tidur siang yang dilakukan selama dua puluh menit saja, misalnya, ternyata sangat baik untuk meningkatkan fokus dan kemampuan motorik mengetik atau motorik untuk bermain piano. Dan aktivitas tidur siang selama tiga puluh menit sampai enam puluh menit, ternyata dapat meningkatkan kemampuan penting, eperti membuat keputusan.

Bahkan tidur siang yang memanfaatkan waktu selama enam puluh sampai dengan sembilan puluh menit, dapat meningkatkan kemampuan otak berkreativitas dan mengatasi satu sampai dua masalah. Dalam penelitian yang tercatat pada Journal of Sleep Research menyebutkan, bahwa efek tidur siang yang singkat pada kemampuan otak berguna bagi proses informasi yang tidak disadari. Pada penelitian itu ditemukan memori yang spesifik mampu memperkuat seseorang saat tidur, lewat isyarat pendengaran. Studi yang meneliti bagaimana tidur siang berdampak pada perilaku sadar dan waktu reaksi kecepatan otak dalam memroses informasi baru.

Dalam penelitian itu, para ahli mengukur aktivitas otak para peserta studi sebelum dan sesudah tidur siang. Pengukuran yang menggunakan elektroensefalogram itu juga menguji sejumlah parameter lain guna mendukung hasil studi itu. Melalui serangkaian tahap, studi tersebut menemukan bahwa tidur siang meningkatkan kecepatan pemrosesan otak. Para ahli dalam penelitian ini mengungkap bahwa tidur singkat membantu proses informasi, meningkatkan waktu reaksi, dan berpotensi memengaruhi perilaku setelah bangun. Penemuan ini memperkuat gagasan tentang informasi yang “dipahami” secara tidak sadar akan diproses selama tidur membantu pengambilan keputusan ketika bangun.

Peneliti yang dilakukan oleh Universitas Bristol Medical School, Inggris itu juga akan melanjutkan penelitianpada studi lanjutan tentang tidur siang dan kemampuan otak. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Tapi dari penelitian yang telah dilakukan, mereka percaya bahwa tidur siang dapat memberikan manfaat positif. dan inilah beberapa Tips tidur siang agar memaksimalkan istirahat yang berkualitas. Yang pertama harus dilakukan adalah membuat jadwal rutin dan konsisten terhadap kebiasaan tidur siang. Gunakanlah waktu dari pukul 13.00 sampai pukul 13.30. Gunakan alarm selama 27 menit atau kurang, agar tidak terburu-buru saat terbangun. Carilah suasana ruangan yang gelap atau gunakan penutup mata, agar cepta tertidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *