Wapres Hamzah Haz Wafat

Argopandoyo Avatar

Bangsa Indonesia di tanggal 24 Juli 2024 ini dirudung kedukaan menyususl wafatnya H. Hamzah Haz, Wakil Presiden RI yang ke sembilan. Politisi yang pernah menjabat Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan itu meninggal dalam usia 84 tahun pada hari Rabu tanggal 24 Juli 2024.

Lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada tanggal 15 Februari 1940. Dia Mengawali karier kehidupan sebagai guru, dimulai pada tahun 1960. Mendiang aktif berorganisasi sejak usia muda, dan beralih profesi sebagai wartawan di Surat Kabar Bebas.

Prefesi wartawan yang digeluti di Kota Pontianak itu, digeluti hingga menjadi seorang Pimpinan Umum Harian Berita Pawau di Kalimantan Barat. Karir politik di partainya membawa mendiang sebagai Wakil Presiden untuk tahun jabatan 2001-2004 mendampingi Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri. .

Karir politik di Indonesia mencatat bahwa sebelum menjabat sebagai Wakil Presiden RI, mendiang pernah dipercaya partainya sebagai Wakil Ketua DPR RI. Dan pada masa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid, mendiang dipercaya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan dan dipercaya sebagai Menteri Investasi oleh Presiden Burhanuddin Jusuf Habibie.

redaksi_tricitramedia Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *